Operasi Geometri Pada Pengolahan Citra Digital

Operasi Geometri

Operasi geometri adalah proses perubahan hubungan spasial antara setiap pixel pada sebuah citra. Operasi geometri memetakan kembali pixel citra input dari posisi awal (x1,y1) ke posisi baru (x2,y2) pada citra output. Proses yang tergolong ke dalam operasi geometri
di antaranya adalah :

       Translasi
       Penskalaan
       Rotasi
       Refleksi
       Warping
       Affine Transformation

Translasi


Operasi translasi adalah memindahkan setiap elemen pixel citra input ke posisi baru pada citra output di mana dimensi dari kedua citra (citra masukan dan citra output) pada umumnya adalah sama. Posisi baru dari suatu pixel ditentukan dari nilai variabel translasi (p,q). Secara umum operasi translasi melakukan perubahan dengan cara menambahkan koordinat awal dengan nilai variabel translasi.



Jika ukuran citra output diset sama dengan citra input maka bila terdapat posisi hasil yang berada di luar batas citra output, pixel tersebut tidak dipetakan. Untuk posisi citra output yang tidak memiliki nilai pixel diset dengan nilai 0 atau warna hitam.




Rotasi

Rotasi merupakan suatu transformasi geometri memindahkan nilai-nilai pixel dari posisi awal menuju ke posisi akhir yang ditentukan melalui nilai variabel rotasi sebesar ?0 terhadap sudut 00 atau garis horizontal dari citra.

Proses rotasi dapat dilakukan dengan rumus sebagai berikut.




Di mana (x0,y0) adalah koordinat titik pusat dari citra input dan ? adalah sumbu putar. Sumbu putar pada umumnya memiliki arah putar searah jarum jam dengan garis horizontal. Seperti halnya operasi translasi, hasil perhitungan posisi hasil rotasi dapat memberikan nilai di luar batas citra output (apabila ukuran citra outputsama dengan citra input). Untuk kasus seperti itu, ada beberapa implementasi yang membiarkan nilai pixel tersebut tanpa dipetakan ulang dan ada yang memetakan ke citra output sehingga menyebabkan ukuran citra membesar.



Baca juga...

HTTP Request & Dasar-Dasar Respon Pada AJAX

Belajar Sandi 5 Bit Pada Sandi Biner

Belajar Paritas Ganda Pada Sandi Biner

Pengujian Dalam Siklus Pengembangan Pada Teknik Pengujian Sistem


Refleksi

Refleksi atau pencerminan adalah proses pengolahan citra secara geometri dengan memindahkan nilai-nilai pixel pada posisi awal (x1,y1) menuju ke posisi baru di (x2,y2) pada citra output sesuai dengan posisi pencerminan. Posisi pencerminan ada tiga jenis yaitu pencerminan terhadap sumbu x, pencerminan terhadap sumbu y, dan pencerminan terhadap sumbu x dan y. Pencerminan terhadap sumbu x di posisi x0 dapat digambarkan dengan rumus berikut ini.




Sedangkan untuk pencerminan terhadap sumbu y di posisi y0 adalah:




Dan untuk pencerminan yang dilakukan terhadap kedua sumbu baik  x dan y di posisi (x0,y0) adalah:







Baca juga...

Pointing Devices Pada Komponen Interaksi Manusia & Komputer

Layar Sentuh Pada Komponen Interaksi Manusia & Komputer

Menyesuaikan Piranti Dengan Lingkungan

Dekoder Desimal Dalam ASCII


Penskalaan

Penskalaan adalah sebuah operasi geometri yang memberikan efek memperbesar atau memperkecil ukuran citra input sesuai dengan variabel penskalaan citranya. Ukuran baru hasil penskalaan didapat melalui perkalian antara ukuran citra input dengan variable penskalaan. Proses penskalaan dapat dilakukan dengan rumus:





Di mana (Pi ,Li) adalah ukuran citra input, (Po, Lo) adalah ukuran citra output, dan ( Sp , Si ) adalah variabel penskalaan yang diinginkan. Jika variabel penskalaan bernilai lebih besar dari 1 maka hasil penskalaannya akan memperbesar ukuran citra, sebaliknya apabila variabel penskalaannya lebih kecil dari 1 maka hasilnya akan memperkecil ukuran citra.

Subscribe to receive free email updates: