AGRESI | Pengertian dan Jenis Jenis Agresi

AGRESI | Pengertian dan Jenis Jenis Agresi - Agresi adalah salah satu bentuk ancaman yang dikelompokan ke dalam ancaman militer. Ancaman merupakan bentuk pelaksanaan dari kejahatan yang dapat merusak integrasi yang ada di dalam suatu negara. Secara umum pengertian dari sebuah tindakan ancaman adalah usaha usaha yang dilakukan untuk mengubah dari kebijakan kebijakan yang ditegakan suatu pemerintah  secara terencanan melalui berbagai jalan seperti politik maupun tindakan kriminal.
AGRESI | Pengertian dan Jenis Jenis Agresi
google.com

Sebuah ancaman sangat merugikan bagi kesatuan suatu negara, sebab dengan adanya tindakan seperti ini akan membuat kebijakan yang telah berjalan menjadi rusak karena hal tersebut. Ancaman sendiri terbagi menjadi 2 (dua) yaitu ancaman militer dan ancaman non militer. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuataan bersenjata dengan terorganisir yang dinilai memiliki kemampuan untuk membahayakan kedaulatan, kesatuan suatu wilayah negara.


Sedangkan ancaman non militer adalah sebuah ancaman yang dilakukan dalam bidang selain militer. Di dalam ancaman yang bergerak dalam bidang militer memiliki beragama gerakan seperti agresi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror, dan masih banyak lainnya. Semua tindakan tersebut merupakan salah satu bentuk dari kejahatan atau kriminalitas tingkat tinggi. Salah satu bentuk ancaman militer yang akan kita bahas adalah agresi.


Secara umum pengertian agresi adalah suatu tindakan ancaman yang dapat dikategorikan sebagai sebuah tindakan yang dapat mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap warga negara yang tinggal disuatu wilayah tersebut. Agresi merupakan tindakan yang dapat mengakibatkan kesengsaraan, membahayakan kehidupan seseorang. Invasi adalah sebuah bentuk agresi yang memiliki skala yang paling besar dalam tindakan agresi.

Pelaksanaan invasi dilakukan dengan mengerahkan unsur unsur kekuatan militer bersenjata yang digunakan untuk mengerahkan penyerangan dan menduduki suatu wilayah. Invasi dilakukan dan berlangsung secara eskalatif, maksudnya adalah mempersiapkan kekuatan militer oleh negara yang akan melakukan invasi, selagi negara yang akan di invasi mengalami pemburukan terhadap bidang politik.

Agresi juga dapat berupa bombardemen, yaitu penggunaan senjata dalam bentuk lain blokade pelabuhan, pantai dan bisa juga dalam bentuk serangan bersenjata oleh negara lain terhadap kekuatan militer negara lain Tindakan agresi memiliki berbagai jenis, yang mana setiap jenis agresi memiliki maksud tertentu dalam pelaksanaannya semua agresi. Berikut ini beberapa jenis jenis agresi

  1. Agresi Jantan adalah sebuah tindakan persaingan atau kompetisi antara jantan satu dengan jantan yang lainnya dalam satu spesiaes, peraingan dapat berupa perebutan suatu sumber sumber kehidupan seperti sumber makanan, status sosial di dalam suatu kelompok, wanita dan sumber lainnya. Kekuasaan menjadikan juga salah satu sumber dari adanya agresi. Yang mana banyak sekali orang orang yang merebutkan kekuasaan yang tinggi.
  2. Agresi Instrumental adalah sebagai tindakan untuk mencapai suatu tujuan, yang mana tujuan  tersebut sebelumnya telah dipelajari sehingga tujuan tersebut harus dicapai dengan cara apapun seperti dengan tindakan kriminalitas contohnya agresi ini.
  3. Agresi Maternal adalah sebuah tindakan agresi yang dilakukan oleh betina atau perempuan untuk melindungi anak dan dirinya dari berbagai ancaman yang datang dari luar.
  4. Agresi Teritorial adalah tindakan mempertahankan diri dari berbagai musuh. Maksud mempertahankan diri adalah melindungi daerah miliknya atau daerah teritorial dari penyusupan musuh.
  5. Agresi Takut adalah agresi yang memiliki hubungan erat mengenai tidak adanya kesempatan untuk lolos dari sebuah ancaman yang datang, hal ini memicu untuk mempertahankan diri.
  6. Agresi Verbal adalah agresi yang dilakukan dengan uacapan bukan dengan tindakan kekerasan. Maksudnya adalah dengan mengucapkan kata kata yang tidak pantas sehingga membuat pendengar sakit hati.
  7. Agresi Fisik adalah tindakan ancaman yang sering ditemukan diberbagai daerah, di dalam agresi fisik dilakukan dengan cara kekerasan secara fisik. Contohnya adalah kekerasan.
  8. Agresi Konseptual adalah pelaksanaan agresi secara terorganisisr yaitu dengan menghasut orang orang dengan berbagai ide, sehingga membuat banyak orang untuk ikut dalam agresi.
Sekianlah artikel AGRESI | Pengertian dan Jenis Jenis Agresi. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.

Subscribe to receive free email updates: