Belajar Dekoder Tujuh-Ruas

Dekoder Tujuh-Ruas



IC 7447 merupakan suatu contoh dekoder BCD-ke-tujuh-ruas. Jika menerima masukan BCD, 7447 memberikan pengetanahan yang sesuai bagi suatu peraga LED tujuh-ruas. Sebagai contoh, jika masukan BCD pada Gambar 3-8a adalah LHHH (7), saluran-saluran keluaran a, b dan c diketanahkan. Pengetanahan ini selanjutnya dapat digunakan untuk mengaktifkan ruas-ruas d, b, dan c pada Gambar 3-8b.



Cara sederhana untuk memperagakan sebuah bilangan desimal 5-angka adalah meng-gunakan -sebuaii 7447 dan sebuah penunjuk LED tujuh-ruas bagi masing-masing angka desimal. Maka untuk memperagakan bilangan desimal seperti 35842, dibutuhkan lima buah 7447 dan lima buah penunjuk. tujuh-ruas. Dengan pendekatan ini, kelima angka decimal teruja (tereksitasi) secara serentak.

Sebagai alternatif, untuk mengurangi jumlah dekoder dan kawat penghubung, dapat dilakukan multipleks seperti terlihat pada Gambar 3-9. Penjelasan terperincinya terlalu rumit untuk dibahas scat ini, namun-gagasan dasarnya adalah sebagai berikut: Kita tidak mengaktifkan semua angka desimal secara serentak, melainkan sebagai gantinya kita dapat memperagakannya secara bergiliran. Jika hal ini dilakukan cukup cepat, bilangan 35842 tampak seolah-olah diperagakan secara berkesinambungan. Dengan perkataan lain, 3 dinyalakan terlebih dahulu, kemudian 5, kemudian 8, dan seterusnya. Bila hal ini dilakukan pada kecepatan tinggi (biasanya di atas 50 Hz), bilangan 35842 terlihat tanpa kedipan.



Tersedia Pula dekoder tujuh-ruas yang lain. CD 4055 adalah dekoder BCD-ketujuh-ruas CMOS yang sesuai untuk mendrive penunjuk kristal-cair. Kristal-cair mempunyai disipasi Jaya lebih rendah daripada LED. Bersama logika CMOS, peraga kristal cair sangat ideal bagi penerapan daya-rendah seperti jam tangari elektronik.

Subscribe to receive free email updates: