Layar Sentuh Pada Komponen Interaksi Manusia dan Komputer

Mampu mendeteksi sentuhan jari atau stylus pada layar.
Bekerja dengan menginterupsi matriks dari berkas cahaya, atau dengan perubahan kapasitans atau pantulan gelombang ultrasonic.



        Kelebihan :
o   Cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus
o   Baik untuk pemilihan menu
o   Cocok untuk lingkungan yang kurang bersahabat: bersih dan aman dari kerusakan.
        Kekurangan:
o   Jari dapat merusak layar
o   Jika menggunakan jari, tingkat keakuratan rendah
o   Sulit untuk memilih area yang kecil atau menggambar dengan presisi

Mencocokkan Piranti dengan Pekerjaan

Buxton (1986) menggunakan tiga situasi atau skenario untuk menunjukkan bagaimana memilih piranti input yang tepat.
Umumnya satu piranti mempunyai kelebihan pada satu situasi, namun akan terlihat kekurangannya pada situasi yang lain.

Situasi Pertama

  • Diperlukan proses panning atas permukaan grafis yang besar seperti pada layout chip VLSI, yang terlalu besar untuk dilihat secara keseluruhan.
  • Dengan menggunakan trackball, panning dilakukan dengan menggulung (rolling).
  • Dengan Joystick, arah panning dapat diarahkan sesuai dengan jarak dari posisi pusat.
  • Bekerja dengan permukaan grafis yang luas juga melibatkan proses penskalaan (zoom-in) untuk melihat bagaian secara lebih rinci.
  • Buxton menganalisa bahwa trackballlebih cocok untuk situasi ini secara keseluruhan dibanding joystick.
  • Tidak ada kelebihan dari kedua piranti untuk proses zooming, namun proses panning lebih mudah dilakukan dengan menggunakan trackball
  • Gerakan trackball akan dipetakan langsung kedalam gerakan di atas permukaan.
  • Sebaliknya dengan joystick, dimana posisi dipetakan ke dalam gerakan, yang kurang terarah dan butuh latihan.
  • Kedua piranti dapat digunakan, namun trackball mempunyai pemetaan yang lebih alami.

Situasi Kedua

        Pada skenario kedua ditambahkan satu tugas lagi, yaitu proses zooming dan panning dilakukan secara serentak.
        Tentukan dan buat analisis, piranti mana yang lebih sesuai.

Situasi Ketiga

        Pada skenario ketiga ini dimisalkan bahwa obyek harus dilokasikan dengan cara panning, selanjutny dilakukan operasi twisting (berbelok-belok) tanpa mengubah posisi xy, Tentukan piranti mana yang lebih cocok.

Subscribe to receive free email updates: