Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

         
Istilah Reakayasa Perangkat Lunak (RPL) secara umum disepakati sebagai terjemahan dari istilah Software engineering. Istilah Software Engineering mulai dipopulerkan pada tahun 1968 pada software engineering Conference yang diselenggarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan RPL hanya sebatas pada bagaimana membuat program komputer. Padahal ada perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.



Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur. Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam.

  • memproses informasi (O'Brien, 1999). Posisi Perangkat Lunak, Diletakan dengan bentuk sistem antara lain; 
Transportasi, Medis, Telekomunikasi,Militer, Proses Industri, Hiburan,Produk-produk kantor, dll.


Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak




adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Dari pengertian ini jelaslah bahwa Rekayasa Perangkat Lunak tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer. Pernyataan "semua aspek produksi" pada pengertian di atas, mempunyai arti semnua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.

A. Peran Perangkat Lunak

1.          Berfungsi sebagai sebuah produk
2.          Berfungsi sebagai kendaraan yang mengantarkan sebuah produk.

Peran Perangkat Lunak berfungsi sebagai produk


1)       Mengantar potensi penghitungan yang di bangun oleh perangkat lunak komputer.Baik itu perangkat lunak Celullar maupun beroperasi di sebuah Mainframe komputer (Abad -21).
2)       Perangkat Lunak merupakan Transformer informasi yang memproduksi, mengatur, memperoleh, memodifikasi, menampilkan atau memancsarkan informasi, dimana pekerjaan in dapat menjadi sederhana sesuatu bit tunggal atau sekompleks sebuah simulasi multi media.
3)       Peran perangkat lunak mengalami perubahan penting selama pertengahan Abad-20 antaran lain ; perkembangan dramatis pada unjuk kerj a perangkat keras, perubahan-perubahan besar dalam arsitektur komputer, pertambahan yang pesat pada memori dan kapasitas penyimpanan, serta variasi pilihan input dan output yang luas, semuanya mempercepat sistem berbasis komputer yang sudah kompleks dan canggih.

 Peran Perangkat Lunak Berfungsi Sebagai Kendaraan yang mengantarkan sebuah produk



Perangkat lunak berlaku sebagi dasar kontrol komputer (sistem operasi), komunikasi informsi (jaringan) dan penciptaan serta kontrol dari program-program lain (peranti dan lingkugan perangkat lunak).


Definisi Perangkat Lunak (Software Definition Definition)


Nienurut Roger S. Pressman (2002), perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai berikut :
  1. Perangkat Lunak adalah Perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan.
  2. Perangka Lumak merupakan Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proposional.
  3. Perangkat Lunak merupakan Dokumen yang menggambarkan informasi dan kegunaan program.


Definisi Rekayasa Perangkat Lunak (software engineering Definition)


Nienurut Roger S. Pressman (2002), perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai berikut :
  1. Rekayasa perangkat lunak merupakan Suatu proses evolusi dan pemanfaatan alat dan teknik untuk pengembagan perangkat lunak (software).
  2. Rekayasa perangkat lunak yakni Terkandung komponen nilai dari rekayasa perangkat lunak (software engineering) yang terbentuk program.
  3. Rekayasa perangkat lunak adalah sistem desain,analisis yang dibuat dalam program kerja pada suatu perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan kinerja dalam pengendalian program kerja.

Rekayasa perangkat lunak merupakan Suatu bentuk prilaku dalam membuat suatu sistem secara dinamis baik dalam bentuk program komputer maupun secara sistem manual.

Subscribe to receive free email updates: