Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak

Meskipun baru dicetuskan pada tahun 1968, namun RPL telah memiliki sejarah yang cukup yang panjang. Dari sisi disiplin ilmu, RPL masih reklatif muda dan akan terus berkembang.


Era ketiga

  • Distibuted system
  • Embedded intellegence
  • Low cost hardware         
  • Consumer infact

 Era keempat

  • Expert system
  • AI Machine
  • Parallel architecture


TAHUN-TAHUN PERTAMA :

  •  Batch Orientation
  • Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.
  • Limmited distribution
  • Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu.
  • Custom software
  • Software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.


ERA KEDUA :

  •  Multi user, Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.
  • Real Time, Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber,
  • mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second.
  • Database
  • Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama
  • DBMS (DataBase Management System).
  • Product Software Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.


ERA KETIGA :

  • Distributed system
  • Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lain-nya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.
  • Embedded Intelegence
  • Suatu product yang diberi tambahan "Intellegence" dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah.
  • Low Cost Hardware, harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
  • Consummer Inpact, Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.


ERA KEEMPAT :
  • Expert system, Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dan lain-lain.
  • AI Machine, Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.
  • Parallel Architecture, Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer

Subscribe to receive free email updates: