Unsur Unsur Manajemen beserta Penjelasannya

Unsur unsur manajemen beserta penjelasannya - Manajemen adalah istilah kata yang berasal dari bahasa inggris yaitu dari kata to manage yang memiliki pengertian mengendalikan, menjalankan, mempimpin, menjalankan serta membina. Sebuah manajemen akan tumbuh dan muncul pada diri seseorang, sebab secara harfiah manusia adalah pemimpin dirinya sendiri, apabila telah baik dalam mengatur diri sendiri maka selanjutnya dapat mengatur orang lain.

Unsur Unsur Manajemen beserta Penjelasannya
Pixabay.com

Menurut pengertian dari istilah manajemen yaitu to manage dapat didefinisikan bahwa pengertian manajemen adalah ilmu dan seni, ilmu karena manajemen adalah kumpulan dari berbagai pengetahuan yang dapat diterima sebagai kebenaran yang universal, sedangkan disebut sebagai seni sebab manajemen adalah usaha untuk mencapai tujuan dengan berbagai unsur yang antara lainnya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan.


Unsur unsur manajemen beserta penjelasannya


Manajemen adalah usaha untuk mencapai tujuan yang telah diatur dalam organisasi dengan memperhatikan beberapa fungsi seperti perencanaa, pengawasan dan lainnya. Tidak hanya fungsi, manajemen juga membutuhkan sumber untuk mengembangkan suatu perusahaan atau organisasi sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Sumber kebutuhan dalam manajemen adalah sumber riil yang ada pada perusahaan sehingga menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan dan mencapai tujuan. Di dalam ilmu ekonomi, terdapat sekitar 6 unsur manajemen yang harus dimiliki oleh perusahaan dan sering disebut sebagai 6 in management. Diantara unsur tersebut adalah manusia (man), uang (money), bahan baku (material) dan lainnya. Berikut penjelasannya.

1. Manusia (Man)
Salah satu unsur yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan manajemen adalah manusia. Dalam mengembangkan sebuah perusahaan manusia memiliki andil yang sangat besar dalam pelaksanaan kegiatan manajemen. Pelaksanaan manajemen pasti dilakukan oleh manusia sebagai pengatur dari sebuah manajemen.

Dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas maka dapat dijamin perusahaan tersebut dapat memiliki produktivitas yang tinggi. Tidak hanya produktivitas saja, perkembangan serta tujuan organisasi dapat dengan mudah untuk dicapai. Manusia dapat bekerja diberbagai bidang kegiatan seperi merencanakan sesuatu, mengkoordinasi jalannya kegaiatan, mengawasi dan hal lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh mesin. Kegiatan kegiatan tersebut merupakan pekerjaan yang harus dikerjakan oleh sumber manusia.

2. Uang (Money)
Keuangan dalam kegaiatan manajemen juga sangat mempenggaruhi kegaiatan manajemen yang ada. Dengan adanya kondisi keuangan yang bagus dan baik maka dapat mendorong perusahaan atau kegiatan manajemen dalam keberhasilan. Semua kegiatan entah dari perencanaan hingga kegiatan pengawasan memerlukan yang namanya pendanaan.

Untuk terciptanya kelancaran dalam menjalankan kegiatan ekonomi dari perencanaan sampai pengawasan, hingga mencapai tujuan. Maka dibutuhkan pengelolaan keuangan dengan sebaik baiknya. Karena uang dijadikan sebagai salah satu sarana keberlangsungan kegiatan ekonomi kita harus memikirkan tentang pengelolan uang secara baik dan tepat.

3. Bahan Baku (Material)
Material atau bahan baku sangat diperlukan dalam menjalankan, pelaksanakan kegaiatan produksi yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi. Dengan adanya bahan baku kegiatan produksi akan berjalan dengan lancar, namun apabila sebuah organisasi atau perusahaan mengalami kekurangan bahan baku. Maka yang terjadi adalah tidak berjalannya proses kegiatan produksi.

Semakin lancarnya pelaksanaan sebuah perusahaan maka akan berdampak positif bagi perusahaan tersebut seperti dapat berkembang lebih cepat dan lainnya. Unsur keuangan berhubungan dengan bahan baku, sebab dengan tertatanya keuangan dapat mempermudah dalam mengatur pembelian bahan baku sehingga tidak akan terjadi kekurangan bahan baku untuk kegiatan produksi.

4. Mesin (Machine)
Dalam menjalankan kegiatan manajemen, diperlukan keefisiensi dan keefektifan serta metode dan cara kerja yang taktis. Sehingga keberhasilan dalam menjalankan sebuah perencanaan dapat berlangsung dengan cepat. Dengan melakukan kegiatan yang efektif maka dapat membantu mempercepat perkembangan sebuah perusahaan.

Di era modern, sangat dibutuhkan yang namanya efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan suatu kegiatan. Untuk mencapai semuai hal itu diperlukan sebuah alat atau mesin untuk menjalankan hal ini. Penggunaan mesin dapat memberikan kemudahan dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

5. Cara (Methods)
Tidak hanya menggunakan mesin saja untuk mencapai keefektifan dalam menjalankan sebuah kegiatan manajemen, tapi juga memerlukan sebuah cara atau methods untuk mendukung keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan. Cara kerja yang taktis dan rasional dapat memberikan kemudahan dalam menjalankan kegiatan, karena telah dijadwalkan untuk melakukan kegiatannya.

Metode metode sangat banyak dijalankan sebuah perusahaan dalam pelaksanaan kegiatan manajemennya. Suatu cara dapat memberikan dampak yang buruk maupun dampak baik, oleh karena itu pemilihan suatu metode atau cara harus dipertimbangkan sehingga tidak salah dalam memilih metode. Sebab metode yang digunakan dapat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan.

6. Pasar (Market)
Suatu perusahaan yang berjalan dalam bidang produksi. Salah satu faktor adalah pasar (market). Pasar atau market adalah tempat dimana barang barang hasil produksi diperjualkan secara bebas dengan persaingan. Untuk itu bagi perusahaan yang berjalan dalam bidang produksi harus memperhatikan persaingan pasar. Tanpa adanya sebuah pasar maka keberhasilan yang baik tidak akan tercapai.

Sekian artiekl unsur unsur manajemen beserta penjelasannya. Sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: