7 Hasil Peninggalan Kebudayaan Zaman Perunggu

Hasil hasil peninggalan kebudayaan zaman perunggu - Zaman perunggu adalah zaman yang terjadi setelah zaman batu. Zaman perunggu sendiri termasuk dalam kelompok zaman logam yaitu zaman dimana banyak ditemukan benda benda peninggalan berupa perunggu dan besi. Namun, walaupun pada saat zaman logam banyak ditemukan benda yang terbuat dari besi mereka masih saja menggunakan peralatan yang terbuat dari batu.

7 Hasil Peninggalan Kebudayaan Zaman Perunggu
pixabay.com

Perkembangan sebuah zaman dari satu tempat dengan tempat lain pasti berbeda, seperti halnya perbedaan perkembangan zaman logam antara Negara negara eropa dengan Negara Indonesia. Untuk negara Indonesia sendiri mengalami zaman logam dalam 2 fase yaitu zaman besi dan zaman perunggu. Walaupun begitu Indonesia didominasi dengan perlatan yang terbuat dari perunggu. Sedangkan, Negara Eropa memiliki 3 fase yaitu fase tembaga, perunggu dan besi.


7 Hasil Peninggalan Kebudayaan Zaman Perunggu


Zaman perunggu dapat dikatakan sebagai perunggu sebab, pada saat itu banyak ditemukan peralatan yang terbuat dari logam perunggu. Hal ini mendapatkan penamaan perunggu. Untuk perkembangan zaman logam di Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan orang orang Dongson (Vietnam). Mereka menjadi tahu untuk mengolah dan melebur biji biji logam.

Salah satu ciri yang sangat mencolok dari zaman perunggu adalah kemampuan orang orang untuk mengolah perunggu serta peralatan perunggu. Di Indonesia sendiri, zaman yang paling dikenal oleh masyarakat luas adalah zaman perunggu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peralatan yang dibuat dengan perunggu. Hasil kebudayaan zaman perunggu, memunculkan berbagai peralatan yang luar biasa. Berikut penjelasannya.

1. Kapak Corong
Kapak corong atau kapak sepatu adalah sebuah peralatan yang memiliki bentuk berupa bagian atasnya berbentuk seperi corong, yang mana kapak ini memiliki fungsi alat upacara dan tanda kebesaran kepala suku. Kapak ini juga memiliki bentuk yang menyerupai sepatu sehingga sering juga disebut sebagai kapak sepatu.

2. Candrasa
Peralatan candrasa adalah perkembangan dari kapak corong dimana perbedaan dari kapak corong dengan candrasa adalah bentuk. Candrasa memiliki sisi yang memanjang. Seperti halnya kapak corong, candrasa memiliki fungsi sebagai alat pelaksanaan upacara serta sebagai tanda kebesaran kepala suku.

3. Nekara
Nekara adalah gendering besar yang terbuat dari bahan dasar perunggu dengan bentuk seperti dengan bagian atas tertutup dan berpinggang dibagian tengahnya. Fungsi dari nekara sendiri diantaranya adalah sebagai alat upacara entah itu pemanggil hujan ataupun memulai perburuan, sebagai alat musik serta sebagai genderang perang.

4. Moko
Moko merupakan alat yang memiliki bentuk seperti nekara namun memiliki bentuk fisik yang cukup kecil daripada nekara. Sebagian besar dari moko banyak ditemukan di daerah Indonesia timur diantaranya alor, manggarai dan flores. umumnya fungsi dari moko adalah sebagai alat mas kawin dan benda pusaka.

5. Bejana Perunggu
Benjana perunggu atau tempayang perunggu merupakan salah satu peninggalan dari kebudayaan zaman perunggu yang memiliki bentuk fisik bulat panjang. Di Indonesia sendiri benjana perunggu hanya ditemukan dibeberapa tempat seperti sumatra dan madura. Fungsi dari benjana ini adalah sebagai tempat air suci yang digunakan untuk upacara.

6. Arca Arca Perunggu
Arca arca yang ditemukan dari peninggalan zaman perunggu biasanya berbentuk menyerupai manusia serta binatang dalam berbagai motif bentuk. Fungsi dari arca arca ini memiliki fungsi yang berbeda, mereka dikelompokan menjadi dua yaitu untuk arca kecil digunakan sebagai hiasan sedangkan yang besar digunakan untuk upacara.

7. Manik atau Perhiasan Perunggu
Pada saat zaman perunggu banyak sekali ditemukan berbagai peninggalan bersejarah tak terkecuali benda perhiasan. Salah satu dari perhiasan tersebut adalah arca, kalung, cincin, anting anting dan manik manik.

Sekianlah penjelasan tentang 7 hasil peninggalan kebudayaan zaman perunggu. Sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: