Logika OR/NOR | XOR/XNOR | Invert / Logika NOT Pada Pengolahan Citra Digital

Logika OR/NOR

Operator OR dan operator NOR juga merupakan operator logika yang sering digunakan. Operator OR hanya menghasilkan nilai FALSE apabila kedua input bernilai FALSE, selain dari pada itu hasilnya adalah TRUE. Operator NOR merupakan kebalikan dari operator OR. Operator NOR hanya akan menghasilkan nilai TRUE apabila kedua nilai input adalah FALSE, selain itu nilai keluarannya adalah FALSE. Jika nilai TRUE adalah 1 dan nilai FALSE adalah 0 maka table kebenaran untuk kedua operator ini dapat dilihat sebagai berikut.






Logika XOR/XNOR

XOR merupakan singkatan dari Exclusive OR. Logika operator XOR akan menghasilkan keluaran bernilai TRUE jika dan hanya jika salah satu dari nilai input bernilai TRUE. Jika kedua input bernilai TRUE maka keluaran akan bernilai FALSE. Tabel 4.6 berikut ini menunjukkan tabel kebenaran dari operator XOR.






Invert/Logika NOT

Invert atau logika NOT pada pengolahan citra akan memberikan keluaran hasil berupa kebalikan dari citra input. Logika NOT dapat dilihat dari perbedaan antara AND dengan NAND, OR dengan NOR, atau pada XOR dengan XNOR. Kebalikan yang ditunjukkan oleh masing-masing contoh di atas merupakan kebalikan NOT. Penggunaan dalam citra biner sangat sederhana, apabila citra input bernilai 1 maka keluaran akan bernilai 0, sebaliknya input bernilai 0 akan menghasilkan keluaran bernilai 1.





Penggunaan NOT pada citra berwarna akan menghasilkan bentuk negatif dari citra tersebut. Rumus yang digunakan dalam operasi negatif untuk citra berwarna adalah:




Subscribe to receive free email updates: