Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Suatu Barang dan Jasa

Faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang dan jasa - Dalam kegiatan ekonomi banyak dikenal istilah istilah yang sering kita dengar istilah tersebut antara lain, produsen, konsumen, distributor, barang, jasa, permintaan, penawaran dan masih banyak yang lainnya. Semua istilah tersebut sudah sering kita dengar maka, kita telah hafal. Salah satu dari istilah ekonomi yang akan dibahas adalah permintaan.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Suatu Barang dan Jasa
Pixabay.com

Barang adalah suatu hal yang sering diinginkan oleh seseorang entah itu barang perlengkapan rumah tangga, maupun barang lainnya. Dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi dalam masyarakat ketersedian suatu barang sangat vital perannya, dengan adanya barang maka kegaiatan ekonomi dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala, namun tidak hanya barang yang ada dalam kegiatan ekonomi ada juga jasa.

Jasa atau layanan berbeda dengan barang. Untuk barang merupakan kegiatan ekonomi dengan menghasilkan tindakan transfer kepemilikan. Untuk jasa atau layanan tidak terjadi yang namanya transfer kepemilikan, sebab jasa merupakan layanan yang diberikan sebuah perusahaan untuk mengatasi pelanggannya.


Faktor yang Mempengaruhi Permintaan suatu Barang dan Jasa


Permintaan adalah istilah yang ada dalam ilmu ekonomi. Tidak hanya diilmu ekonomi saja, permintaan sering terjadi tengah tengah kegiatan sehari hari masyarakat. Kegiatan yang sering terjadi permintaan adalah jual beli antara penjual dengan pembeli atau produsen dengan konsumen. Suatu permintaan akan selalu ada sebab manusia memilikisifat yang tidak dapat berpuas diri, sehingga kegiatan ekonomi akan terus berlangsung.

Permintaan di dalam kegiatan ekonomi memiliki tingkat perubahan yang besar, permintaan dapat turun maupun naik. Keadaan seperti ini tidak dapat diduga, hal ini dapat disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang dan jasa. Berikut ini beberapa faktor tersebut.

1. Faktor Pendapatan
Suatu permintaan dapat mengalami kenaikan maupun turun karena faktor pendapatan dari masyarakat. Pendapatan antara satu orang dengan orang lain pasti memiliki perbedaan seperti PNS dengan seorang buruh. Seorang PNS adakan memiliki daya permintaan yang lebih tinggi dari pada seorang buruh. Hal ini disebabkan oleh tingkat pendapatan yang lebih tinggi seorang PNS.

Menurut keterangan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa salah satu faktor dari permintaan adalah faktor pendapat masyarakat, apabila tingkat pendapatan masyarakat tinggi maka pola permintaan akan tinggi pula. Namun, apabila tingkat pendapatan dari masyarakat rendah maka permintaan akan rendah.

2. Jumlah Penduduk
Selain dari faktor pendapatan penduduknya, jumlah penduduk juga dapat mempengaruhi dari permintaan yang terjadi di dalam masyarakat atau kegiatan ekonomi. Suatu permintaan dapat berubah dalam pola kegiataan ekonomi apabila terjadi perubahan pula dalam masyarakat seperti berkurang maupun bertambahnya penduduk. 

Suatu permintaan dapat terjadi peningkatan apabila jumlah penduduk memiliki intesitas yang tinggi, sedangkan permintaan mengalami penurunan apabila jumlah penduduk mengalami penurunan atau rendah. Peningkatan dan penurunan jumlah penduduk tidak dapat diketahui dengan jelas. Seperti kelahiran yang tinggi secara mendadak dan terjadi bencana alam.

3. Selera Konsumen
Masyarakat atau konsumen pasti memiliki tujuan atas melakukan kegiatan ekonomi seperti membeli suatu barang dengan tujuan tertentu. Apabila suatu barang yang diinginkan memiliki kualitas yang buruk, maka konsumen enggan untuk membelinya. Selera tersebut menjadikan salah satu dari faktor yang mempengaruhi permintaan dalam kegiatan ekonomi.

Selera seseorang dapat mengalami perubahan sehingga wajar apabila suatu permintaan akan barang dan jasa mengalami perubahan. Contoh dari faktor selera adalah seorang yang memiliki pendapatan yang tinggi pasti memiliki selera yang tinggi akan barang barang mahal, namun sebaliknya bagi mereka yang berpendapatan rendah maka mereka akan memilih barang yang murah.

4. Harga Barang
Harga suatu barang yang dijual dalam kegiatan ekonomi memang sangat mempengaruhi permintaan konsumen terhadap produsen. Harga barang ikut andil dalam menarik selera konsumen, sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli. Suatu barang dapat dikatakan menarik apabila harga barang tersebut tidak terlalu mahal. Maksudnya harga barang dan jasa tersebut sesuai dengan isi kantong masyarakatnya.

Contoh dari pengaruh harga barang terhadap permintaan. Apabila suatu barang dijual dengan harga yang cukup mahal padahal barang tersebut sangat dibutuhkan maka konsumen akan melupakan keinginannya tersebut, namun apabila harga barang tersebut sesuai dengan isi kantong maka konsumen akan membeli barang tersebut.

5. Harga Barang Sejenis
Barang yang memiliki jenis yang sama memiliki pengaruh terhadap harga utama. Barang yang sejenis maksudnya adalah barang penganti dari barang utama. Hal ini dapat diperumpamakan seperti gula pasir dengan gula batu. Apabila gula batu dijual dipasaran dengan harga yang cukup mahal maka gula batu tersebut dapat digantikan dengan gula pasir.

Apabila suatu barang yang memiliki jenis yang sama atau subtitusi maka barang cadangan dapat mempengaruhi tingkat permintaan dari konsumen. Seperti contoh diatas, apabila gula batu dijual dengan harga yang mahal maka orang akan memilih gula pasir yang memiliki harga yang murah. Hal ini menjadikan peningkatan terhadap permintaan gula pasir dipasaran.

6. Ketersedian Barang
Barang yang dijual dipasaran dalam kegiatan ekonomi memperlukan berbagai proses seperti proses produksi. Didalam proses produksi juga memperlukan waktu yang panjang sehingga suatu produk siap dijual belikan. Tak jarang sebuah perusahaan membatasi dalam melakukan kegiatan produksi.

Oleh karena itu ketersedian suatu barang dapat dikatakan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan karena apabila suatu barang memiliki ketersedian yang minim maka permintaan akan barang tersebut juga menurun, namun menurut kualitas produk tersebut.

Sekian artikel tentang Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Suatu Barang dan Jasa. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: