MIGRASI | Faktor Faktor yang Menyebabkan dan Mempengaruhi Terjadinya Migrasi

MIGRASI | Faktor faktor yang menyebabkan dan mempengaruhi terjadinya migrasi - Migrasi adalah kegiatan yang dilakukan hampir semua makhluk hidup seperti manusia dan hewan dari satu tempat ke tempat lain. Pelaksanaan migrasi memiliki tujuan, hal ini dipengaruhi berbagai faktor. Suatu kegiatan migrasi dapat dilakukan antara satu wilayah ke wilayah lain dalam satu negara (migrasi internal).

MIGRASI | Faktor Faktor yang Menyebabkan dan Mempengaruhi Terjadinya Migrasi
Pixabay.com

Dan migrasi yang dilakukan antara satu negara ke negara lain disebut dengan migrasi internasional.Kegiatan migrasi memiliki beberapa jenis seperti transmigrasi, imigrasi, emigrasi, diaspora dan lainnya. Masyarakat yang melakukan migrasi terhadap suatu wilayah lain, memiliki tujuan untuk mensejahterakan kehidupannya.


Faktor Faktor yang Menyebabkan dan Mempengaruhi Terjadinya Migrasi


Migrasi adalah perpindahan warga masyarakat dari satu tempat ke tempat lain untuk menetap. Proses migrasi yang dilakukan oleh masyarakat dapat berdampak positif bagi persebaran masyarakat disuatu wilayah, yaitu dengan semakin meratanya penduduk diberbagai wilayah negara. Namun tidak hanya dapat positif saja, migrasi memiliki dampak buruk.

Seperti semakin padatnya suatu wilayah karena migrasi yang tidak sesuai dengan peraturan. Hal ini dapat digambarkan pada wilayah pulau jawa, yang mana tahun demi tahun pulau jawa semakin dipadati oleh warga negara Indonesia. Mereka yang bermigrasi ke jawa memiliki tujuan untuk bekerja atau mengadu nasib. Pelaksanaan migrasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut beberapa faktor tersebut.

1. Jumlah Penduduk
Salah satu faktor yang menyebabkan migrasi adalah jumlah penduduk. Apabila didalam suatu wilayah ditinggali oleh terlalu banyak orang maka mengakibatkan ketidaknyamanan hidup diwilayah tersebut, sehingga menyebabkan timbulnya pemikiran untuk melakukan migrasi kesuatu wilayah lain untuk menetap. Dengan melakukan migrasi ini dapat menguntungkan sebab dapat membantu pemerataan pada suatu wilayah.

2. Sumber Makanan
Makanan adalah sumber kehidupan bagi manusia, dengan adanya makanan maka manusia dapat memenuhi kebutuhannya. Namun apabila ketersedian makanan dialam berkurang maka seseorang akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan. Untuk itu banyak dari mereka melakukan migrasi untuk mencari suatu daerah yang memiliki persediaan sumber makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan.

3. Tempat Tinggal
Faktor yang lain adalah tempat tinggal. Seseorang akan melakukan migrasi apabila tempat tinggalnya mengalami beberapa masalah seperti padatnya penduduk disekitar tempat tinggal, banyaknya kejahatan, atau hal lainnya. Bahkan seseorang dapat melakukan migrasi karena tempat tinggalnya akan dijadikan sebagai gedung pemerintahan, sehingga diusir dari wilayah tersebut.

4. Pekerjaan
Pekerjaan seseorang dapat menjadi faktor dibalik kegiatan migrasi. Apabila disuatu wilayah banyak masyarakat yang bekerja sebagai petani, namun wilayah tersebut terkena bencana banjir sehingga menyebabkan sawah sawah mereka terendam oleh air banjir. Karena tidak dapat bekerja disawah, maka mereka melakukan migrasi untuk mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

5. Bencana Alam
Suatu bencana alam tidak dapat diperkirakan. Dan bencana alam dapat menyebabkan seseorang untuk melakukan migrasi kesuatu daerah yang tidak terjadi bencana. Pengunsian merupakan salah satu bentuk dari migrasi. Pengungsian merupakan tempat singah sementara. Bencana alam dapat mengakibatkan tempat tinggal seseorang menjadi tidak nyaman untuk ditinggali sehingga perpindah ke daerah lain.

6. Kondisi Lingkungan
Kondisi lingkungan dapat berubah secara tiba tiba seperti musim kemarau yang sangat panas dan berkepanjangan yang sangat merugikan petani. Hal ini dapat berdampak negatif pada kehidupan seseorang. Karena kondisi lingkungan yang tidak sesuai dan tidak nyaman maka seseorang dapat melakukan migrasi.

7. Program Pemerataan
Salah satu program pemerintah Indonesia adalah melakukan tindakan pemerataan diseluruh wilayah Indonesia. Banyak sekali pulau pulau atau wilayah di Indonesia yang belum banyak dihuni oleh seseorang. Untuk itu banyak warga diwilayah padat penduduk disuruh melakukan tindakan migrasi ke wilayah yang jarang dihuni oleh manusia.

8. Pendidikan
Pendidkan telah menjadi salah satu bidang kehidupan yang penting untuk dilaksanakan dengan berpendidikan dan berpengetahuan maka dapat memajukan suatu wilayah. Oleh karena itu banyak sekali orang orang yang melakukan migrasi ke suatu wilayah untuk malanjutkan pendidikannya. Seperti di Yogyakarta banyak sekali orang orang diluar Yogyakarta pergi ke Yogyakarta untuk melanjutkan bidang studinya.

9. Keinginannya
Dari banyaknya faktor faktor lainnya adalah faktor keinginanya pindah ke suatu daerah. Mereka yang berpindah kesuatu daerah dengan keinginanya sendiri memiliki tujuan yang berbeda beda seperti lapangan pekerjaan yang semakin berkurang, lahan pertanian yang hilang akibat pembangunan, faktor sumber daya alam disekitar lingkungannya semakin berkurang.

Sekianlah artikel Faktor Faktor yang Menyebabkan dan Mempengaruhi Terjadinya Migrasi. Sekian dan sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates: