Faktor Faktor yang Menyebabkan Kemunduran VOC

Faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran VOC - Belanda adalah salah satu negara yang pernah menjajah negara Indonesia pada saat perang dunia ke 2. Penjajahan yang dilakukan Belanda memiliki dampak yang sangat berpengaruh terhadap kondisi masyarakat Indonesia. Pada saat di Indonesia, Belanda mendirikan sebuah organisasi yaitu VOC. VOC adalah kongsi dagang hindia Belanda untuk mengatur perdagangan di Indonesia.

Faktor Faktor yang Menyebabkan Kemunduran VOC
Pixabay.com

Organisaisi ini telah didirikan pada tanggal 20 Maret 1602. Saat VOC didirikan rakyat Indonesia sering menyebutnya dengan sebutan kompeni, yang mana sifat VOC seperti tentara BElanda yang sering menindas dan pemerasan terhadap rakyat Indonesia. Dengan didirikannya VOC negara Belanda ingin menguasai perdagangan di Nusantara, dengan cara penindasan terhadap rakyat dengan menyuruh menanam tanaman laku di seluruh dunia.


Faktor Faktor yang Menyebabkan Kemunduran VOC


Sejak berdirinya organisasi Belanda yaitu VOC kehidupan rakyat Indonesia semakin sengsara, akibat dari penindasan yang dilakukan oleh tentara belanda beserta pegawai VOC. Salah satu kebijakan yang sangat keras adalah kerja rodi. Yang mana pelaksanaan kerja rodi dilakukan untuk membangun jalan, yang sekarang disebut dengan jalan pantura. Kebijakan ini sangat memberatkan rakyat Indonesia sehingga banyak sekali rakyat yang meninnggal dunia.

Tidak hanya kerja rodi, Belanda juga membuat kebijakan untuk memberikan 1/5 dari tanah yang dimiliki masyarakat, namun kenyataannya tidak seperti itu. Belanda merampas lebih dari 1/5 tanah. Namun setelah beberapa waktu VOC mengalami kebangkrutan sehingga memaksa organisasi yang didirkan 20 maret ini harus dibubarkan. Hal ini karena beberapa faktor. Berikut penjelasan faktor yang menyebabkan kemunduran VOC.

1. Pegawai VOC Melakukan Korupsi serta Kecurangan
Setelah pendiriannya pada tahun 1602, VOC mengalami perkembangan yang sangat pesat akibat dari kebijakan VOC yang mempekerjakan rakyat Indonesia secara paksa. Perkembangan VOC membuat wilayah kekuasaannya semakin luas, hal ini mengakibatkan pengawasan terhadap pegawainya semakin sulit. Karena hal itulah banyak sekali pegawai yang bekerja di VOC melakukan tindakan korupsi serta kecurangan lainnya. Yang mana kegiatan ini membuat VOC merosot dan merugi. Baca Juga : Sebab Terjadinya Perang Padri

2. Belanda Berhutang Banyak
Tujuan dari pendirian VOC di Indonesia oleh negara Belanda adalah untuk mengisi kekosongan kas bangsa Belanda. Oleh Karena itu bangsa Belanda menerapkan sistem tanam paksa dengan cara menanam tanaman kopi yang laku di dunia. Kebijakan itu membuat rakyat menderita, namun dibalik itu kebijakan ini membuat kerugian besar terhadap Belanda. Sebab karena kebijakan inilah Belanda menjadi memiliki hutang sebesar 200 gulden.

3. Bertambahnya Persaingan
Belanda datang di Indonesia memiliki tujuan untuk berdagang serta mencari rempah rempah. Untuk itulah Belanda mendirikan VOC agar bisa mengatur perdagangan di daerah nusantara. Namun setelah beberapa waktu Belanda mengalami kemunduran akibat dari banyaknya persaingan. Salah satunya adalah Inggris dan Perancis. Bahkan persaingan tersebut menimbulkan sebuah perjanjian antara Belanda dan Inggris yang mana salah satu isi perjanjian tersebut adalah pergiliran menduduki pulau Jawa.

4. Berkembangnya Paham Liberalisme
VOC dalam melakukan perdagangan selalu melakukan unsur monopoli di dalamnya, hal ini sangat berdampak negatif terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun berjalannya waktu terjadi perkembangan paham liberalisme di kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga tindakan monopoli yang dilakukan oleh VOC tidak berpengaruhi lagi serta perdagangan yang dilakukan oleh Belanda tidak efektif lagi.

5. Gaji Pegawai yang Mahal
Setelah berkembangnya VOC akibat dari kebijakannya seperti tanam paksa dan lainnya, namun walaupun begitu bangsa Belanda mengalami kerugian yaitu hutang negara yang semakin besar hingga mencapai 200 gulden. Tidak hanya itu bahkan banyak para pegawai yang memiliki gaji yang mahal. Hal ini menyulitkan bangsa Belanda untuk memenuhi kebutuhan para pegawainya yang belum juga dibayar gajinya. Gaji yang tinggi akibat dari meluasnya kekuasaan VOC.

6. Memberikan Keuntungan terhadap Pemegang Saham
Faktor lain dari kemunduran VOC adalah memberikan keuntungan terhadap pemegang saham walaupun pemegang saham tersebut mengalami kemunduran bisnis. HAl ini semakin menyulitkan keuangan Belanda sebab sebelumnya Belanda memiliki hutang yang sangat besar jumlahnya belum lagi banyak tindakan korupsi serta gaji pegawai yang terlalu mahal. Hal ini dapat memaksa VOC untuk dibubarkan.

7. Biaya Perang
Kebanyakan dari faktor mundurnya VOC adalah faktor keuangan. Sebab banyak sekali kebutuhan yang harus dikeluarkan VOC untuk memenuhi kebutuhan seperti halnya biaya perang melawan rakyat Indonesia yang harus dibayar dengan banyak uang. Dengan perlawanan yang besar besaran oleh rakyat Indonesia terhadap Belanda memaksa VOC untuk membiayai peperangan dengan jumlah nominal yang besar pula.

Sekian Faktor Faktor yang Menyebabkan Kemunduran VOC. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: