Manfaat Lapisan Atmosfer bagi Kehidupan

Manfaat lapisan atmosfer bagi kehidupan - Lapisan atmosfer adalah lapisan yang menyelimuti seluruh daerah bumi. Lapisan atmosfer ini memiliki manfaat yang begitu penting bagi kelangsungan kehidupan di bumi. Atmosfer adalah sebuah lapisan yang menyelimuti bumi yang terdiri dari struktur beberapa gas yang membentuk sebuah lapisan. Atmosfer memiliki tinggi dari 500 km dari permukaan tanah dan sampai 0 km dari permukaan tanah bumi.

Manfaat Lapisan Atmosfer bagi Kehidupan
google.com

Struktur lapisan atmosfer terdiri dari beberapa gas diantaranya seperti gas nitrogen, oksigen, karbondioksida, argon, uap air, gas, dan lainnya. Gas penyusun paling banyak adalah gas nitrogen, dan yang kedua adalah gas oksigen. Sedangkan selain kedua gas tersebut memiliki jumlah yang sangat sedikit seperti gas karbondioksida, argon, uap air. Lapisan atmosfer terdiri dari beberapa lapisan diantaranya troposfer, strastofer, mesofer, termosfer dan eksofer.

Bagi kehidupan makhluk hidup yang tinggal di Bumi, atmosfer memiliki manfaat yang begitu penting. Dengan adanya atmosfer makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan organisme lain dapat hidup dengan bebas. Sebab di dalam atmosfer terkandung beberapa gas yang dapat membantu keberlangsungan hidup sebuah organisme. Gas tersebut adalah oksigen. Jadi itu salah satu manfaat dari atmosfer, lalu apalagi manfaat atmosfer.


Manfaat Lapisan Atmosfer bagi Kehidupan


Atmosfer adalah sebuah laipsan yang ada disebuah planet yang salah satunya berada dibumi. Dengan adanya lapisan ini maka keberlangsungan hidup di bumi dapat terjaga. Bumi dilapisi dengan atmosfer yang terusun atas beberapa gas seperti oksigen yang digunakan untuk pernafasan makhluk hidup. Berikut ini manfaat lapisan atmosfer bagi kehidupan.

1. Memantulkan Sinar Ultraviolet
Pada saat cahaya matahari memancar ke bumi maka beberapa unsur yang ada di sinar matahari tersebut akan menuju ke bumi salah satu unsur yang cukup berbahaya bagi kehidupan adalah sinar ultraviolet. Walaupun begitu sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari akan dipantulkan oleh lapisan atmosfer sehingga sinar ultraviolet tidak sampai ke bumi.

2. Melindungi dari Benda Asing
Di luar angkasa terdiri dari beberapa benda atau planet serta beberapa benda kecil seperti meteorid, asteorid dan lainnya. Benda benda seperti itu dapat menuju ke bumi dan dapat pula jatuh ke bumi. Apabila hal itu terjadi maka atmosfer akan melindung bumi dari benda asing tersebut, contohnya meteor jatuh tidak akan mencapai ke bumi akibat dari pembakaran di atmosfer.

3. Mengatur Suhu di Bumi
Atmosfer dapat juga berfungsi sebagai pengatur suhu, misalkan saja pada saat siang hari atmosfer akan mengatur suhu supaya tidak terlalu panas dan sebaliknya pada saat malam hari atmosfer berfungsi untuk mengatur suhu agar tidak terlalu dingin.

4.Pemantul Gelombang Radio
Segala alat elektronik yang dibuat manusia pasti mengeluarkan sinyal atau gelombang radio. Pada saat dilapisan atmosfer maka sinyal atau gelombang radio akan dipantulkan sehingga telekomunikasi dapat bekerja dengan baik. Lapisan atmosfer yang bekerja memmantulkan gelombang radio adalah lapisan ionosfer.

5. Pemenuhan Oksigen
Oksigen merupakan unsur gas yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup yang tinggal di bumi, dengan adanya oksigen keberlangsungan hidup suatu makhluk hidup dapat berjalan dengan bai. Di dalam atmosfer banyak sekali mengandung unsur gas oksigen yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Dengan hal itu atmosfer dapat berfungsi sebagai pemenuh oksigen.

6. Sumber Nitrogen
Nitrogen merupakan unsur gas yang dibutuhkan bagi tumbuhan, yang mana fungsi nitrogen untuk membantu menyuburkan tanah. Sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan baik. Di dalam lapisan atmosfer terkadung banyak sekali gas nitrogen yang dibutuhkan tumbuhan.

7. Sumber Karbondioksida
Salah satu gas yang dibutuhkan oleh tumbuhan yang lain adalah karbondioksida. Gas karbondioksida atau CO2 sangat diperlukan tumbuhan untuk proses fotosintesis. Pada saat proses fotosintesis karbondioksida akan diubah menjadi karbohidrat sederhana dan oksigen yang diperlukan oleh makhluk hidup lainnya.

Sekainlan artikel Manfaat Lapisan Atmosfer bagi Kehidupan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: