Perbedaan Fisis Posibilisme dan Determinisme dalam Geografi

Perbedaan fisis posibilisme dan determinisme - Fisis posibilisme dan fisis determinisme adalah sebuah aliran ilmu yang berkembang dalam pengetahuan geografi. Kemunculan kedua aliran ini akibat dari perkembangan yang begitu pesat terhadap ilmu geografi sehingga menimbulkan beberapa perbedaan pendapat. Pendapat itudisampaikan oleh ahli geografi terkenal seperti ahli dari Amerika Serikat yang bernama Ellsworth Hunthington.

Perbedaan Fisis Posibilisme dan Determinisme dalam Geografi
Pixabay.com

Sedangkan pendapat lainnya adalah ahli yang berasal dari Perancis yang bernama Paul Vidal de la Blache. Mereka berdua sama sama mengeluarkan pendapat namun kedua pendapata mereka saling bertolak belakang. Yang mereka debatkan adalah peran manusia di dalam kehidupa dunia entah itu sebagai makhluk aktif maupun pasif. Berikut ini akan dijelaskan pengertian dari kedua fisis tersebut.


Perbedaan Fisis Posibilisme dan Determinisme dalam Geografi


Pada akhir abad ke 18 terjadi sebuah perkembangan ilmu yang begitu pesat, ilmu tersebut adalah ilmu pengetahuan geografi. Di mana kala itu terdapat perdebatan antara dua pendapat ahli yang saling bertolak belakang. Mereka banyak membicarakan tentang peranan manusia dalam kehidupan di alam. Penjelasan perdebatan mereka akhirnya menghasilkan 2 (dua) teori yang saling bertolak belakang. Berikut kedua teori tersebut.

Pengertian Fisis Posibilisme
Fisis posibilisme adalah peranan kehidupan manusia di alam, dapat menentukan kehidupan sendiri. Dengan kata lain manusia lebih aktif dari pada alam sekitarnya. Manusia sebagai makhluk hidup memiliki peranan yang mempenggaruhi alam atau bumi. Alam hanya menyediakan segala kebutuhan manusia, dan manusialah yang aktif untuk mengumpulkan serta memberdayakan alam.

Serta alam digunakan sebagai alat dan benda pasif yang tidak bergerak layaknya manusia. Bencana alam seperti banjir dapat dipengaruhi oleh ulah manusia. Ahli geografi banyak yang mendukung teori fisis posibilisme salah satunya adalah Paul Vidal de la Blache yang berkebangsaan Perancis. Dia mengatakan bahwa proses produksi manusialah yang menentukan bahwa alam lah sebagai alternatif pilihan yang dipilih oleh manusia. Sedangkan

Pengertian Fisis Determinisme
Untuk pengertian dari fisis determinisme bekebalikan dari fisis posibilisme, yang mana pengertian fisis determinisme adalah perilaku dan tingkah laku yang dilakukan oleh manusia dipengaruhi oleh alam. Menurut teori tersebut menjadikan manusia sebagai makhluk yang pasif yaitu menunggu pengaruh dari alam bukan mempengaruhi alam. Arti yang lain bahwa manusia tidak dapat menentukan arah kehidupannya sendiri tanpa ada pengaruh dari alam.

Untuk teori fisis determinisme didukung oleh Ellsworth Hunthington yaitu seorang ahli geografi yang berkebangsaan Amerika Serikat. Dia mendefinisikan fisis determinsme sebagai iklim alam, yang mana iklim ini sangat mempengaruhi tingkah laku manusia. Dengan iklim yang banyak membuat tingkah laku, pola pikir manusia beraneka ragam. Jadi tak khayal banyak perbedaan dari segi kebudayaan dan dari sudut pandang lainnya.

Perbedaan Fisis Posibilisme dan Determinisme
Dari kedua pengertian teori tersebut dapat ditarik perbedaan, yang mana menghasilkan ciri ciri masing masing kedua teori. Berikut perbedaan kedua teori tersebut.

1. Manusia yang mempengaruhi alam (polibilisme), sedangkan alam mempengaruhi manusia (determinisme).
2. Manusia dapat menentukan kehidupannya (polibilisme), sedangkan manusia tidak dapat menentukan hidupnya (determinisme).
3. Manusia bersifat aktif (posibilisme), sedangkan manusia bersifat pasif (determinisme)

Sekian perbedaan fisis posibilisme dan determinisme. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: