Gaya Interaksi Hypertext dan Hypermedia Pada Interaksi Manusia dan Komputer

Memahami Hypertext

n  Apa pengertian hyper?
Konten yang kaya: grafik, audio, video, komputasi dan interaksi
n  Hypertext : adalah teks yang ditampilkan pada suatu komputer atau perangkat elektronik lainnya dengan referensi (hyperlink) menuju teks lain, sehingga pembaca dapat segera mengaksesnya, biasanya dengan klik mouse atau urutan tombol keyboard
Sumber: en.wiki pedia.org/wiki/Hypertext

Hypertext � tidak hanya linear

n  Struktur non-linear
Blok dari teks-teks (halaman)
Tautan (link) antar halaman menciptakan jaringan jala (mesh)
Pengguna mengikuti jalannya sendiri melalui informasi


Hypermedia � tidak hanya teks

n  Sistem hypertext + media tambahan
ilustrasi, fotografi, video dan suara
Tautan/hotspots bisa di dalam media
area dari gambar-gambar
waktu dan lokasi di dalam video
n  Disebut juga multimedia
Tetapi istilah ini digunakan juga untuk audio/video yang sederhana

Animasi

n  Menambahkan gerak pada gambar
Untuk sesuatu yang berubah sesuai waktu
n  Wajah digital� perubahan detik ke saat berikutnya
n  Wajah analog lengan mengayun di atas jam
n  Tampilan hidup : mis. Beban sistem saat ini
Untuk menunjukkan status dan perkembangan (progress)
n  Kusor berkedip pada lokasi entri teks
n  Kursor sibuk (hour-glass, clock, spinning disc)
n  batang progress
Untuk pendidikan dan pelatihan
n  Memungkinkan siswa melihat hal yang terjadi� juga bersifat menarik dan menghibur sesuai keinginan
Untuk visualisasi data
n  Perubahan mendadak dan halus pada data multi dimensi ditampilkan menggunakan permukaan berwarna dan animasi
n  Molekul yang kompleks dan interaksinya lebih mudah dipahami pada saat dirotasi dan dilihat pada layar
Untuk animasi karakter
n  wizards dan bantuan

Video dan audio

n  Sekarang menjadi mudah bagi pengarang
Alat bantu untuk mengedit suara dan video dan membakar CD dan DVD
n  Mudah dipasang pada halaman web
Format standard (QuickTime, MP3)
n  Ukuran masih besar� Tetapi semakin mudah dikelola
memori OK � hand held MP3 players, TiVo etc.
Tetapi perlu perhatian pada waktu mengunduh � jelaskan berapa besar ukurannya !
n  Sangat linear
Sulit menambahkan tautan, seringkali sebaiknya clip kecil atau latar belakang

Hypermedia

n  Hypermedia adalah sistem penemuan informasi berbasis komputer yang memungkinkan pengguna mendapatkan atau menyediakan akses ke teks, rekaman audio dan video, fotografi dan grafik yang berhubungan dengan subjek tertentu.
n  Istilah hypermedia diciptakan oleh Ted Nelson.
en.wiki pedia.org/wiki/Hypermedia
n  Hypermedia adalah perluasan dari hypertext, di mana
Grafik
Audio
Video
Teks
Hyperlink
Saling berjalin untuk menciptakan media informasi non linear

Multimedia vs Hypermedia

n  Multimedia :
adalah istilah yang mempunyai pengertian lebih luas dibanding hypermedia
Digunakan untuk menjelaskan presentasi linear non-interaktif
Berhubungan dengan literatur elektronik
n  Contoh multimedia : film / sinema
(tidak ada hyperlink)
n  Contoh hypermedia : world wide web

Isu Audio

n  format
format suara sebagaimana adanya (raw sound samples)
n  Ukuran file besardigunakan untuk pencampuran dan penyuntingan (mixing and editing)
MIDI
n  Kapan suatu nada dimainkan (just which notes played and when)
MP3
n  menggunakan psychoacousticsbagaimana cara telinga mendengar
n  issu
Mengganggu jika tidak diinginkan
Bahkan bisa lebih mengganggu bagi orang lain!

Menggunakan Animasi dan Video

n  potentially powerful tools
note the success of television and arcade games
n  but �
how to harness the full possibilities of such media
different from �standard� interfaces
this technology when we have much more experience.
n  so �
need to learn from film makers, dramatic theory, cartoonists, artists, writers

Komputasi, kecerdasan, dan interaksi

n  computers??
          don�t just show things � dothings
n  examples:
search � the HCI book web site
n  not just exercises, table of contents � also search
interaction
n  embedded applications (e.g, puzzle square)
adaption:
n  e-commerce sites suggest other things to buy

Interaksi dalam hypertext Professor Alan�s puzzle square



Teknologi delivery

n  on the computer
help systems installed on hard disk with applications
CD-ROM or DVD based hypermedia
on the web
really ubiquitous!
n  in many countries, near universal internet access
not just web pages!
n  e.g. many applications have web-base documentation
n  � and on the move �
n  platforms
mobile phones, PDAs, laptop computers
delivery
CD-ROM or DVD (like desktop)
cached content (e.g. AvantGo)
WiFi access points or mobile phone networks
WAP � for mobile phone, tiny web-like pages
context � who and where
tourist guides, directed advertising

Area aplikasi

n  rapid prototyping
create live storyboards
mock-up interaction using links
help and documentation
allows hierarchical contents, keyword search or browsing
just in time learning
n  what you want when you want it
n  (e.g. technical manual for a photocopier)
technical words linked to their definition in a glossary
links between similar photocopiers
n  education
animation and graphics allow students to see things happen
sound adds atmosphere and means diagrams can be looked at while hearing explanation  
non-linear structure allows students to explore at their own pace
e-learning
n  letting education out of the classroom!!
n  e.g. eClass


Subscribe to receive free email updates: