Keuntungan dan Kerugian ERP

Apa keuntungan dan kerugian pada ERP System ?

Hai semua selamat pagi.. kembali lagi dengan saya Mas Dayat yang ganteng hehe merupakan sebuah blog materi erp terlengkap. Nah pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang apa keuntungan dan kerugian erp, sebelumnya saya sudah membahas mengenai apa itu erp dan sejarah erp.


Keuntungan dan Kerugian ERP

Sebelum berbicara tentang apa saja keuntungan erp dan kerugian nya, saya akan mereview sedikit dari materi sebelum nya penjelasan tentang erp.


Apa itu erp ? atau apa itu erp system ?

ERP Merupakan Kepanjangan dari Enterprise Resource Planning, Pengertian sistem erp adalah sebuah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang ada dan berhubungan dengan kegiatan operasi, produksi maupun distribusi pada perusahaan. 


Terus apa keuntungan ERP?

Berikut Keuntungan ERP Secara Operasional


  • Integrasi data keuangan

Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik


  • Standarisasi Proses Operasi
Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk

  • Standarisasi Data dan Informasi
Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yg berbeda-beda

Adapun Keuntungan ERP Menurut O‟Brien (2005) manfaat dari penggunaan ERP antara lain:

a. Kualitas dan efisiensi
ERP menciptakan kerangka kerja untuk mengintegrasikan, meningkatkan dan standarisasi proses operasi bisnis internal perusahaan yang menghasilkan peningkatan signifikan dalam kualitas serta efisiensi layanan pelanggan, produksi dan distribusi.

b. Penurunan biaya
ERP bermanfaat dalam penurunan secara signifikan dalam biaya pemrosesan transaksi dan hardware, software serta karyawan pendukung IT, jika dibandingkan dengan sistem yang tidak terintegrasi sebelumnya.

c. Pendukung keputusan
ERP menyediakan standarisasi data dan informasi mengenai kinerja bisnis lintas fungsi yang membantu meningkatkan kemampuan para manajer dalam mengambil keputusan secara tepat waktu dan menghindari redundasi data. Selain itu adanya Integrasi data keuangan memungkinkan top management melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.

d. Kelincahan perusahaan
Implementasi sistem ERP dapat meruntuhkan banyak dinding departemen dan fungsi atau “benteng” berbagai proses bisnis, sistem informasi dan sumberdaya informasi. Sehingga menghasilkan struktur organisasi, tanggung jawab manajerial dan peran kerja yang lebih fleksibel. Akibatnya organisasi perusahaan dan tenaga kerja menjadi lebih lincah dan adaptif.

Lalu apa kekurangan atau kelemahan ERP? 

Di lain pihak penerapan ERP dibeberapa perusahaan tidak sepenuhnya berhasil. Beberapa kelemahan ERP antara lain:

a. Terbatasnya kustomisasi dari perangkat lunak ERP.
b. Sistem ERP sangat mahal.
c. Perekayasaan kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industri yang telah dideskripsikan oleh sistem ERP dapat menyebabkan hilangnya keuntungan kompetitif.
d. ERP sering terlihat terlalu sulit untuk beradaptasi dengan alur kerja dan proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi.
e. Sistem dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan.
f. Data dalam sistem ERP berada dalam satu tempat, contohnya : pelanggan, data keuangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko kehilangan informasi sensitif, jika terdapat pembobolan sistem keamanan.

Adapun contoh Riil nya dari kelemahan ERP di Perusahaan

kelemahan-kelemahan ERP tersebut ditandai oleh beberapa hal sebagai berikut:
a. Kurangnya komitmen top management.
b. Kurangnya pendefinisian kebutuhan perusahaan (analisa strategi bisnis)
c. Cacatnya proses seleksi software (tidak lengkap atau terburu-buru memutuskan).
d. Kurangnya sumber daya (manusia, infrastruktur dan modal)
e. Kurangnya „buy in‟ sehingga muncul resistensi untuk berubah dari para karyawan
f. Kesalahan penghitungan waktu implementasi
g. Tidak cocoknya software dgn business process
h. Kurangnya training dan pembelajaran terhadap karyawan perusahaan
i. Cacatnya project design & management
j. Kurangnya komunikasi antara top manajemen, user (karyawan), dan konsultan IT (perancang desain ERP).
l. Saran penghematan yang menyesatkan

Sekian artikel pada kali ini tentang Keuntungan dan Kerugian dari ERP semoga bermanfaat bagi para pembaca. dan jangan lupa baca artikel selanjutnya tentang "Modul-Modul Dalam ERP"


Keyword : 
materi erp,software erp indonesia,contoh software erp,pengertian crm dan contohnya,kepanjangan erp,sistem sap pada perusahaan,erp system adalah,metode erp,contoh erp pada perusahaan,sistem erp sap,erp indonesia,cara kerja erp,software erp adalah,keuntungan dan kerugian erp,software sap adalah,sistem erp pada perusahaan,tahapan implementasi erp,singkatan sap.

Subscribe to receive free email updates: