Pengertian dan Sejarah ERP

Pengertian Atau Defenisi ERP ( Enterprise Resource Planning )

Apa itu ERP ? atau apa itu ERP system? Mungkin anda pernah mendengarnya sekilas namun tidak tahu secara keseluruhan mengenai apa itu erp terus fungsi erp untuk apa.
untuk itu saya akan memberi tahu anda mengenai apa itu erp . Berikut pengertian dari erp ..

Sebelum masuk ke pengertian ERP alangkah baiknya mengetahui sejarah nya dahulu ..


Sejarah Perkembangan Enterprise Resource Planning (ERP)


Adapun sejarah tentang perkembangan Enterprise Resource Planning menurut Leon (2008: 18-20) dibagi menjadi empat tahap, yaitu :



Pengertian dan Sejarah ERP (Enterprise Resource Planning )



1.Material Requirement Planning (MRP)
Material Requirement Planning (MRP) merupakan hasil pengolahan atau pemrosesan dari Bill of Material (BOM) yang dimulai pada tahun 1960-an dan mulai terkenal pada tahun 1970-an. Saat itu, orang yang bekerja pada manufaktur dan perencanaan produksi sedang mencari metode yang lebih baik dan lebih efisien untuk memesan bahan baku dan menemukan MRP sebagai solusi sempurna untuk kebutuhan manufaktur dan perencanaan produksi karena mampu memecahkan masalah-masalah utama yang ada.

2.Closed-loop MRP
Sistem MRP berubah menjadi sesuatu sistem yang lebih baik dari hanya sekadar cara untuk memesan. Sistem MRP dapat mengelola tanggal jatuh tempo dari pemesanan dan dapat mendeteksi serta memberikan peringatan ketika suatu barang tidak diterima pada saat tanggal jatuh tempo. Terdapat beberapa tools yang dikembangkan untuk mendukung perencanaan penjualan dan produksi, pengembangan jadwal produksi, peramalan, perencanaan kapasitas, dan pemrosesan pemesanan. Pengembangan tersebut menghasilkan closed-loop MRP, dimana sistem tidak hanya sekadar untuk perencanaan kebutuhan material, tetapi juga dapat untuk mengotomatisasi proses produksi.

3.Manufacturing Resource Planning II (MRP II)
Tahap ketiga perkembangan dari ERP disebut dengan MRP II yang merupakan metode untuk perencanaan yang efektif dari sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan manufaktur. MRP II terbentuk dari kumpulan berbagai fungsi yang saling terhubung, fungsi-fungsi tersebut adalah perencanaan bisnis, perencanaan operasional dan penjualan, manajemen permintaan, perencanaan produksi, master scheduling, perencanaan kebutuhan material, perencanaan kebutuhan kapasitas, serta pelaksanaan sistem pendukung untuk kapasitas dan material. Hasil dari sistem tersebut akan terintegrasi dengan laporan keuangan seperti perencanaan bisnis, laporan pembelian, biaya pengiriman, proyeksi inventory, dan sebagainya.

4.Enterprise Resource Planning (ERP)
ERP merupakan tahap terakhir dari perkembangan ERP, dimana konsep dasar ERP sama dengan konsep MRP II. Perusahaan software menciptakan ERP dengan sekumpulan proses bisnis yang luas dalam hal ruang lingkup dan memiliki kemampuan untuk menangani beberapa fungsi bisnis tambahan serta integrasi yang baik dan kuat dengan fungsi finansial dan akuntansi. ERP juga mampu mengintegrasikan tools lain seperti CRM (Customer Relationship Management), SCM (Supply Chain Management), dan sebagainya. Selain itu, ERP juga dapat mendukung proses bisnis yang melibatkan pihak luar perusahaan.

Konsep Dasar ERP


Perencanaan sumber daya perusahaan, atau sering disingkat ERP kepanjangan erp adalah (enterprise resource planning), merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. 



Apa itu ERP ? atau apa itu ERP system?





Pengertian ERP Menurut Para Ahli

Enterprise Resource Planning merupakan sebuah teknologi sistem informasi yang terintegrasi dan digunakan oleh manufaktur kelas dunia dalam meningkatkan kinerja perusahaan.ERP adalah suatu sistem, baik sebagai suatu sistem perencanaan ,maupun sebagai sistem informasi (Indrajit dan Permono, 2005).

Menurut O’Leary, ‘ERP systems are computer based systems designed to process an organization’s transactions and facilitate integrated and real-time planning ,production, and customer response. In particular ERP systems will be assumed to have certain characteristic’ (Indrajit dan Permono, 2005).

Perlu anda ketahui ...

ERP sering disebut sebagai Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini. Berbeda dengan Front Office System yang langsung berurusan dengan pelanggan seperti sistem untuk e-Commerce, Customer Relationship Management (CRM), e-Government dan lain-lain. 

ERP terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning (Perencanaan).

Ketiga konsep berujung pada sebuah kata kerja yaitu Planning, yang berarti menekankan pada aspek perencanaan sumberdaya perusahaan.

Sumber daya perusahaan seperti Finansial, SDM, Rantai Suplai, dan Customer dsb 
ERP Mengintegrasikan semua sumberdaya perusahaan. 

Perlu anda ketahui lagi kalau ERP bukanlah semata-mata paket software, kekeliruan atau pengaburan makna ERP menjadi sebuah paket software dipicu dari berbagai informasi yang membungkus ERP didalam sederetan paket promosi paket software, publikasi bisnis dan artikel yang menekankan tentang software.

Jenis software yang mengaburkan pemahaman ERP adalah software ES (enterprise system).

Posisi ERP dengan ES digambarkan sebagai berikut:

ERP dan Sistem Enterprise

Proses pada ERP dan ES ( Enterprise System )

Proses-proses pada ERP
  • Sales Forecasting
  • Sales and Operaton Planning
  • Advanced Planning System
  • Supplier Rating System
  • Performance Metric


Proses-proses pada ES( Enterprise System )

  • Master Production Scheduling
  • Rought-cut Capacity Planning
  • Material Requirement Planning
  • Capacity Requirement Planning
  • Distribution Requirement Planning
  • Customer Order Entry and Promising



Demikian pembahasan mengenai pengertian dan sejarah erp, semoga bermanfaat dan baca selanjutnya "apa saja keuntungan dan kerugian erp" sekian artikel pembukaan kali ini terimakasih.

Keyword : 
materi erp,software erp indonesia,contoh software erp,pengertian crm dan contohnya,kepanjangan erp,sistem sap pada perusahaan,erp system adalah,metode erp,contoh erp pada perusahaan,sistem erp sap,erp indonesia,cara kerja erp,software erp adalah,keuntungan dan kerugian erp,software sap adalah,sistem erp pada perusahaan,tahapan implementasi erp,singkatan sap.

Subscribe to receive free email updates: