Penjumlahan dan Pengurangan Pada Operasi Aritmatik & Logika Pengolahan Citra Digital

Operasi Aritmatik & Logika pada Citra

       Penjumlahan
       Pengurangan
       Perkalian
       Pembagian
       Pencampuran
       Logika AND/NAND
       Logika OR/XOR
       Logika XOR/XNOR
       Invert/Logika Not
       Bitshift Operator

Penjumlahan

Proses penjumlahan pixel sangat sederhana. Pixel citra hasil merupakan hasil penjumlahan nilai pixel pada citra pertama dengan nilai pixel citra kedua. Apabila nilai pixel berbentuk vektor(r,g,b), penjumlahan dilakukan pada jenis nilai yang sejenis. Proses penjumlahan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :





Proses penjumlahan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan nilai konstanta (K). Nilai konstanta ini nantinya akan ditambahkan ke setiap nilai pixel dari citra input. Citra output dapat diperoleh dengan rumus:





Hasil penjumlahan terkadang akan melebihi dari nilai batas atas (255) atau disebut dengan overflow. Hasil yang mengalami overflow dapat dinormalisasi dengan dua cara. Pertama adalah dengan menggunakan teknik wrapping pixel yaitu dengan mengulang nilai yang berlebih kembali ke nilai 0 lagi. Teknik yang kedua adalah dengan mematok nilai overflow menjadi nilai tertinggi saja (255). Teknik yang kedua ini dinamakan teknik saturation.

Kedua teknik ini memiliki sisi positif dan negatifnya. Sisi negatif dari teknik wrapping dapat mengakibatkan perubahan nilai secara drastic dari nilai maksimum menjadi minimum. Sisi positifnya, perbedaan dari setiap pixel akan tetap terjaga. Teknik saturation akan memberikan hasil yang lebih baik apabila tujuan akhirnya adalah hanya untuk menampilkan citra saja. Namun apabila digunakan untuk melakukan ekstraksi ciri, teknik ini kurang efektif karena dapat menyebabkan hilangnya informasi citra. Apabila keseluruhan pixel mengalami overflow, citra hasil hanya menampakkan citra putih (citra maksimum) saja.



Pengurangan

Operasi pengurangan hampir sama dengan operasi penjumlahan. Hanya saja kali ini untuk mendapatkan citra hasil, nilai pixel citra input pertama dikurangi dengan nilai pixel citra input berikutnya. Nilai pixel citra hasil didapat dari



Proses pengurangan juga dapat digunakan untuk mencari perbedaan absolut dari citra. Nilai pixel citra hasil dapat dihitung dengan:





Sama halnya seperti proses penjumlahan, proses juga dapat menerapkan pengurangan dengan Citra output dapat dicari dengan rumus berikut ini



Nilai konstanta akan digunakan untuk mengurangi setiap nilai pixel citra input.



Subscribe to receive free email updates: