Tetangga Sebuah Pixel dan Adjacency Pada Citra Digital

Tetangga Sebuah Pixel


       Sebuah pixel p pada koordinat (x,y) mempunyai 4 tetangga horisontal dan vertikal dengan koordinat (x+1,y), (x-1,y), (x,y+1), (x,y-1). Himpunan pixel-pixel ini disebut 4-tetangga dari p, dinotasikan dengan N4(p).

       Keempat tetangga diagonal (diagonal neighbors) dari p, ND(p) mempunyai koordinat (x+1,y+1), (x+1,y-1), (x-1,y+1),(x-1,y-1).
       ND(p) digabungkan dgn N4(p), disebut 8-Tetangga dari p, dinotasikan sebagai : N8(p).


Adjacency


Adjacency/Connectivity/Konektivitas: 4-tetangga atau 8-tetangga dengan kriteria gray level yang sama, misal: sama-sama 0 atau sama-sama 1 atau sama-sama bedanya tidak lebih dari 5 tingkat keabuan, dan lain sebagainya. Misalkan V adalah himpunan nilai grey-level yang digunakan untuk mendefinisikan adjacency. Maka ada tiga tipe adjacency:

       4-adjacency. Dua pixel p dan q dengan nilai dari V dikatakan 4-adjacent jika q ada di dalam himpunan N4(p).
       8-adjacency. Dua pixel p dan q dengan nilai dari V dikatakan 8-adjacent jika q ada di dalam himpunan N8(p).
       m-adjacency (mixed adjacency). Dua pixel p dan q dengan nilai dari V dikatakan m-adjacent jika
       Q ada di N4(p), atau
       Q ada di ND(p) dan N4(p) n N4(q) tidak mengandung nilai di V

Berikut ini contoh adjacency untuk V = { 1}



       Sebuah path (digital) atau kurva dari piksel p dengan koordinat (x,y) ke piksel q dengan koordinat (s,t) merupakan barisan dari piksel-piksel yang berbeda dengan koordinat :
        (x0,y0), (x1,y1),...(xn,yn)
       Di mana (x0,y0)= (x,y), (xn,yn)=(s,t) dan (xi,yi) dan (xi-1,yi-1) adalah adjacent untuk 1< i <n. Dalam hal ini n adalah panjang dari path tersebut. Jika (x0,y0) = (xn,yn) maka path tersebut adalah path tertutup (closed path)
       Misalkan S merupakan sub-set dari piksel-piksel dalam sebuah citra. Dua piksel p dan q dikatakan terhubung [connected) dalam S jika ada sebuah path antara piksel-piksel tersebut yang berisi seluruh piksel dalam S. Misal                p adalah suatu piksel dalam S, himpunan piksel-piksel yang terhubung (connected) kepadanya dalam S disebut komponen terhubung (connected component) dari S. Jika hanya mempunyai satu connected component, maka S disebut connected set. 
       Misalkan R sebuah himpunan bagian dari suatu citra. R disebut region dari citra tersebut jika R adalah sebuah connected set. Boundary (border atau contour) dari region R adalah himpunan piksel dalam region tersebut yang mempunyai satu atau lebih tetangga yang tidak berada di R.


Subscribe to receive free email updates: