Contoh ragam dialog : Manipulasi Langsung
n Contoh manipulasi langsung:
� Menggeser berkas ke kotak sampah
� Menggunakan game simulasi mengemudi
n Ben Shneiderman (1982) adalah orang Yang mengusulkan istilah manipulasi langsung
n Menurut Shneiderman ada 3 elemen manipulasi langsung :
- Penyajian visual dari objek yang akan dimanipulasi
- Tindakan fisik sebagai pengganti teks masukan
- Reaksi langsung yang dapat dilihat
n Definisi manipulasi langsung:
� Mengklik dan menggeser obyek pada layar tampilan ? manipulasi visual
n Sifat manipulasi langsung
� 1. sederhana
� 2. langsung
� 3. mudah digunakan
� 4. mudah diingat
� 5. hanya berkuasa penuh atas sebuah obyek
n Ide utama dari manipulasi langsung:
� Kenampakan obyek dan tindakan pengguna
� Cepat, dapat dibatalkan, tindakan meningkat
� Tindakan menunjuk ke obyek yang diinginkan (Preece, 1994)
Definisi manipulasi langsung
n Dalam ilmu komputer, manipulasi langsung adalah gaya interaksi manusia-komputer yang melibatkan representasi terus menerus dari obyek yang menarik dan cepat, reversibel, dan tindakan tambahan dan umpan balik.
n Berbeda dengan gaya interaksi lain, misalnya, bahasa perintah, maksud manipulasi langsung adalah untuk memungkinkan pengguna untuk memanipulasi obyek virtual yang disajikan kepadanya, menggunakan tindakan yang sesuai setidaknya mirip ke manipulasi benda-benda fisik.
n Contoh langsung manipulasi
� mengubah ukuran bentuk grafis, seperti persegi panjang, dengan menyeret sudut atau tepi dengan mouse.
Sumber : en.wiki pedia.org/wiki/Direct_manipulation_interface
Aspek Kognitif pada Manipulasi Langsung
n Manipulasi langsung : kesan tentang antar muka
n Dua aspek manipulasi langsung:
1. Aspek jarak : antara yg dipikirkan pengguna dengan kebutuhan fisik
2. Aspek keterlibatan secara kualitatif
Contoh: permainan solitaire / kartu
Contoh: permainan solitaire / kartu
n Sebelum antar muka berbasis grafik:
1. Berdasarkan metafor percakapan
2. Pengguna kontak langsung dg stuktur bahasa
n Setelah antar muka berbasis grafik :
1. Pengguna memanipulasi obyek secara langsung
2. Metafor model-dunia
3. Menyajikan obyek nyata
4. Ikon sebagai bahasa keluaran
Manipulasi Program vs Manipulasi Isi
n Manipulasi langsung ada 2 macam
1. Manipulasi program
� Cara menggunakan program aplikasi
� Tindakan : menekan tombol & menggulung
� Tidak memerlukan keahlian khusus
� Contoh : Excel, Power Point, Word
2. Manipulasi isi
� Pembentukan, modifikasi, pemindahan data/obyek
� Memerlukan keahlian khusus
� Contoh : Corel Draw, Adobe Photoshop
n Lima variasi pada manipulasi program
1. Pemilihan
2. Geser dan jatuhkan
3. Manipulasi
4. Pengubahan bentuk, pengubahan ukuran, dan pengaturan kembali posisi obyek
5. Sarana untuk menghubungkan sejumlah obyek
Fase pada Proses Manipulasi Langsung
n Fitur antar muka manipulasi langsung
1. Kenampakan obyek
2. Tindakan memanipulasi obyek
3. Tindakan bertahap dg umpan balik
4. Kebenaran sintaksis tindakan
5. Semua tindakan dapat dibatalkan
� Metafor meja kerja : menunjukkan ketangguhan antar muka manipulasi langsung
� Tiga fase manipulasi langsung
� Fase bebas : sebelum tindakan
� Fase aktivasi : melakukan pergeseran
� Fase penghentian : melepas tombol
Umpan Balik Visual
n Kunci keberhasilan manipulasi langsung :
adanya umpan balik visual yang lengkap
adanya umpan balik visual yang lengkap
n Contoh umpan balik visual :
� Kursor bebas
� Kursor aktivasi �bentuk tangan
� Menahan kunci meta (mis tombol : Ctrl)
�tanda + kecil
�tanda + kecil
� Digeser : kursor terlihat menggeser seluruh obyek
Peranti Penunjuk
n Tetikus (mouse) : paling banyak digunakan sebagai peranti penunjuk
n Tetikus digunakan untuk
� Menempatkan kursor
� Menggambar
n Jumlah tombol tetikus
� 1 tombol �hanya 1 kombinasi : 1
� 2 tombol � bisa 3 kombinasi : 01 10 11
� 3 tombol � bisa 7 kombinasi : 001 010 100 011 101 110 111
Menggunakan Mouse
n Apple Macintosh : 1 tombol
� Sederhana bagi pengguna mula
� Mengorbankan kemampuan pengguna lain
n Microsoft : 2 tombol
� Tombol kanan � menu konteks
n Unix / Sun Microsystem : 3 tombol
� Tombol tengah jarang digunakan
� Dicadangkan untuk aplikasi tertentu
n Tombol Kiri
� Selalu digunakan untuk melakukan fungsi manipulasi langsung
� Kegunaan : pengaktifan / pemilihan
n Tombol Kanan
� Merupakan tambahan / opsional
� Dipelopori oleh Borland
� Windows 95 : tindakan berdasarkan konteks
n Tombol Tengah
� Jarang dimanfaatkan
� Untuk tombol singkat
Menunjuk dan Mengklik Menggunakan Mouse
n Ada 2 operasi dasar mouse :
1. Memindahkan mouse untuk menunjuk
2. Mengklik sebuah tombol yang tersedia
n Ada 4 operasi utama mouse :
1. Menunjuk
2. Mengklik
3. Mengklik dan menggeser
4. Mengklik-ganda
n Ada 6 operasi lengkap mouse
1. Menunjuk
2. Klik (tunjuk � klik � lepas)
3. Klik & geser (tunjuk � klik � geser � lepas)
4. Klik ganda (tunjuk � klik � lepas � klik � lepas)
5. Klik nada (tunjuk � klik � klik tombol lain � lepas � lepas)
6. Geser ganda (tunjuk � klik � lepas � klik � geser � lepas)
n Tombol meta (Ctrl, Shift, Alt) dapat mengubah tindakan mouse
Penerapan Manipulasi Langsung
n Kontrol proses
n Editor teks
(what you see is what you get, WYSIWYG)
(what you see is what you get, WYSIWYG)
n Simulator
n Kontrol lalu lintas penerbangan
n Perancangan terbantu computer
(Computer Aided Design, CAD)
(Computer Aided Design, CAD)
Keuntungan dan Kerugian Manipulasi Langsung
Keuntungan
- Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata
- Mengurangi waktu pembelajaran
- Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata.
- Penampilan visual yang bagus.
- Mudah dioperasikan.
- Tersedia berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung.
Kerugian
- Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar.
- Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi.
- Memerlukan peranti masukan seperti mouse, trackball.
- Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.