Gaya Interaksi Manipulasi Langsung Pada Interaksi Manusia dan Komputer

Contoh ragam dialog  : Manipulasi Langsung



n  Contoh manipulasi langsung:
  Menggeser berkas ke kotak sampah
  Menggunakan game simulasi mengemudi

n  Ben Shneiderman (1982)  adalah orang Yang mengusulkan istilah manipulasi langsung

n  Menurut  Shneiderman ada 3 elemen manipulasi langsung :
  1. Penyajian visual dari objek yang akan dimanipulasi
  2. Tindakan fisik sebagai pengganti teks masukan
  3. Reaksi langsung yang dapat dilihat


n  Definisi manipulasi langsung:
  Mengklik dan menggeser obyek pada layar tampilan ? manipulasi visual

n  Sifat manipulasi langsung
  1. sederhana
  2. langsung
  3. mudah digunakan
  4. mudah diingat
  5. hanya berkuasa penuh atas sebuah obyek

n  Ide utama dari manipulasi langsung:
  Kenampakan obyek dan tindakan pengguna
  Cepat, dapat dibatalkan, tindakan meningkat
  Tindakan menunjuk ke obyek yang diinginkan (Preece, 1994)

Definisi manipulasi langsung

n  Dalam ilmu komputer, manipulasi langsung adalah gaya interaksi manusia-komputer yang melibatkan representasi terus menerus dari obyek yang menarik dan cepat, reversibel, dan tindakan tambahan dan umpan balik.

n  Berbeda dengan gaya interaksi lain, misalnya, bahasa perintah, maksud manipulasi langsung adalah untuk memungkinkan pengguna untuk memanipulasi obyek virtual yang disajikan kepadanya, menggunakan tindakan yang sesuai setidaknya mirip ke manipulasi benda-benda fisik.

n  Contoh langsung manipulasi
  mengubah ukuran bentuk grafis, seperti persegi panjang, dengan menyeret sudut atau tepi dengan mouse.

 Sumber : en.wiki pedia.org/wiki/Direct_manipulation_interface

Aspek Kognitif pada Manipulasi Langsung

n  Manipulasi langsung : kesan tentang antar muka

n  Dua aspek manipulasi langsung:
1.       Aspek jarak : antara yg dipikirkan pengguna dengan kebutuhan fisik
2.       Aspek keterlibatan secara kualitatif
Contoh: permainan solitaire / kartu

n  Sebelum antar muka berbasis grafik:
1.       Berdasarkan metafor percakapan
2.       Pengguna kontak langsung dg stuktur bahasa

n  Setelah antar muka berbasis grafik :
1.       Pengguna memanipulasi obyek secara langsung
2.       Metafor model-dunia
3.       Menyajikan obyek nyata
4.       Ikon sebagai bahasa keluaran

Manipulasi Program vs Manipulasi Isi

n  Manipulasi langsung ada 2 macam
1.       Manipulasi program
  Cara menggunakan program aplikasi
  Tindakan : menekan tombol & menggulung
  Tidak memerlukan keahlian khusus
  Contoh : Excel, Power Point, Word
2.       Manipulasi isi
  Pembentukan, modifikasi, pemindahan data/obyek
  Memerlukan keahlian khusus
  Contoh : Corel Draw, Adobe Photoshop

n  Lima variasi pada manipulasi program
1.       Pemilihan
2.       Geser dan jatuhkan
3.       Manipulasi
4.       Pengubahan bentuk, pengubahan ukuran, dan pengaturan kembali posisi obyek
5.       Sarana untuk menghubungkan sejumlah obyek

Fase pada Proses Manipulasi Langsung

n  Fitur antar muka manipulasi langsung
1.       Kenampakan obyek
2.       Tindakan memanipulasi obyek
3.       Tindakan bertahap dg umpan balik
4.       Kebenaran sintaksis tindakan
5.       Semua tindakan dapat dibatalkan
  Metafor meja kerja : menunjukkan ketangguhan antar muka manipulasi langsung
  Tiga fase manipulasi langsung
  Fase bebas : sebelum tindakan
  Fase aktivasi : melakukan pergeseran
  Fase penghentian : melepas tombol

Umpan Balik Visual

n  Kunci keberhasilan manipulasi langsung :
adanya umpan balik visual yang lengkap

n  Contoh umpan balik visual :
  Kursor bebas
  Kursor aktivasi  bentuk tangan
  Menahan kunci meta (mis tombol : Ctrl)
 tanda + kecil
  Digeser : kursor terlihat menggeser seluruh obyek

Peranti Penunjuk

n  Tetikus (mouse) : paling banyak digunakan sebagai peranti penunjuk

n  Tetikus digunakan untuk
  Menempatkan kursor
  Menggambar

n  Jumlah tombol tetikus
  1 tombol hanya 1 kombinasi : 1
  2 tombol bisa 3 kombinasi : 01 10 11
  3 tombol bisa 7 kombinasi : 001 010 100 011 101 110 111

Menggunakan Mouse

n  Apple Macintosh : 1 tombol
  Sederhana bagi pengguna mula
  Mengorbankan kemampuan pengguna lain

n  Microsoft : 2 tombol
  Tombol kanan menu konteks

n  Unix / Sun Microsystem : 3 tombol
  Tombol tengah jarang digunakan
  Dicadangkan untuk aplikasi tertentu



n  Tombol Kiri
  Selalu digunakan untuk melakukan fungsi manipulasi langsung
  Kegunaan : pengaktifan / pemilihan

n  Tombol Kanan
  Merupakan tambahan / opsional
  Dipelopori oleh Borland
  Windows 95 : tindakan berdasarkan konteks

n  Tombol Tengah
  Jarang dimanfaatkan
  Untuk tombol singkat

Menunjuk dan Mengklik Menggunakan Mouse

n  Ada 2 operasi dasar mouse :
1.       Memindahkan mouse untuk menunjuk
2.       Mengklik sebuah tombol yang tersedia

n  Ada 4 operasi utama mouse :
1.       Menunjuk
2.       Mengklik
3.       Mengklik dan menggeser
4.       Mengklik-ganda

n  Ada 6 operasi lengkap mouse
1.       Menunjuk
2.       Klik (tunjuk � klik � lepas)
3.       Klik & geser (tunjuk � klik � geser � lepas)
4.       Klik ganda (tunjuk � klik � lepas � klik � lepas)
5.       Klik nada (tunjuk � klik � klik tombol lain � lepas � lepas)
6.       Geser ganda (tunjuk � klik � lepas � klik � geser � lepas)
n  Tombol meta (Ctrl, Shift, Alt) dapat mengubah tindakan mouse

Penerapan Manipulasi Langsung

n  Kontrol proses

n  Editor teks
(what you see is what you get, WYSIWYG)

n  Simulator

n  Kontrol lalu lintas penerbangan

n  Perancangan terbantu computer
(Computer Aided Design, CAD)



Keuntungan dan Kerugian Manipulasi Langsung

Keuntungan
  1. Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata
  2. Mengurangi waktu pembelajaran
  3. Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata.
  4. Penampilan visual yang bagus.
  5. Mudah dioperasikan.
  6. Tersedia berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung.
Kerugian

  1. Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar.
  2. Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi.
  3. Memerlukan peranti masukan seperti mouse, trackball.
  4. Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.

Subscribe to receive free email updates: