Sumber-Sumber Perolehan Devisa

sumber-sumber pengelohan Devisa.  Devisa ialah sejumlah valuta asing yang berguna untuk membiayai transaksi perdagangan antarnegara atau internasional. Dalam perdagangan internasional terjadi kegiatan ekspor dan impor barang ataupun jasa. Apabila impor barang dari luar negeri, maka harus membayar negara asal barang impor tersebut. Mata uang rupiah (Rp) tidak dapat digunanakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Maka kita harus menggunakan devisa untuk digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional.

Sumber-Sumber Perolehan Devisa



Pengertian Fungsi, Macam, dan Tujuan Devisa
Pengertian Fungsi, Macam, dan Tujuan Devisa


Devisa terdiri atas valuta asing, yaitu mata uang yang diterima oleh semua negara di dunia antara lain : US Dollar ($), Euro, Switzerland-Franc, DM (Deutshe Mark)- Germany, Dollar-Canada, Poundsterling (Inggris), Yen Jepang, Prancis-Franc, emas, dan surat berharga yang berlaku guna pembayaran internasional. 


Tinggi rendahnya devisa terhadap sebuah negara dapat dipengaruhi dari adanya perkembangan neraca pembayaran suatu negara tersebut. Adapun sumber-sumber devisa antara lain :

  1. Kegiatan ekspor

    Kegiatan ekspor menjadi salah satu andalan suatu negara untuk mendapatkan devisa. Semakin banyak ekspor jasa atau barang maka semakin besar pula pemasukan devisa yang masuk ke negara tersebut.
  2. Perdagangan jasa

    Negara yang mengandalkan perdagangan jasa adalah negara yang tidak banyak sumber daya alam. Seperti negara Singapura yang mengandalkan sektor jasa perdagangan sebagai sumber utama devisa, hal ini karena Singapura tidak banyak sumber daya alam.
  3. Kegiatan pariwisata

    Banyak negara yang mengandalkan sektor pariwisata. Salah satu pendapatan devisa adalah dengan jasa pariwisata yang dapat diperoleh dari adanya kunjungan turis baik itu mancanegara maupun domestik. Semakin banyak turis yang datang untuk berkunjung ke suatu negara, maka semakin banyak devisa yang akan mengalir ke negara tersebut.
  4. Pinjaman luar negeri (bantuan luar negeri)

    Pendapatan devisa lainnya yaitu dengan pinjaman luar negeri. Pinjaman luar negeri menjadi salah satu sumber devisa sebuah negara, terlebih negara yang sedang berkembang. Negara-negara yang pada umumnya bergantng dari bantuan luar negeri selain sebagai sumber-sumber yang lainnya.
  5. Hibah atau hadiah dari luar negeri

    Hibah atau hadiah adalah sumber devisa yang sifatnya tidak memikat. Hibah dapat bersumber dari dalam negeri maupun luar negeri.
  6. Adanya warga negara yang bekerja di luar negeri 

    Salah satu sumber devisa adalah adanya dana yang bersumber dari warga negara yang bekerja di luar negeri, seperti TKI atau TKW. Pekerja tersebut mampu untuk memberikan peranan yang besar guna mendapatkan devisa dengan cara uang yang ditransfer dari asal negara ia bekerja.




Itulah pengertian devisa, macam-macam devisa, sumber perolehan devisa, fungsi devisa, dan tujuan penggunaan devisa.

Subscribe to receive free email updates: